Selasa, 10 Oktober 2017

Ulasan Spesifikasi Komputer


Memilih komputer khusus untuk pekerjaan desain grafis adalah suatu keharusan. Bila menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Illustrator hanya untuk buka satu dua halaman dan bermain di desain dasar tidak jadi masalah menggunakan komputer dengan spesifikasi alakadarnya (standar banget).
     Namun lain hal bila dunia desain sudah dikerjakan secara profesional. Performa PC yang mumpuni dan tahan di segala medan harus dimiliki agar tidak terjadi 'kesal hati' karena lemot-nya aplikasi saat bertemu beban grafis yang cukup memakan kapasitas memory.

Bagaimana memilih spesifikasi komputer standar desain grafis?
     Di sini akan dibedakan antara komputer grafis yang benar-benar standar dan komputer grafis yang sangat terekomendasi (most recomended). Ada baiknya merakit sendiri, agar dapat di upgrade secara maksimal.
     Apa saja hardware yang perlu diperhatikan saat membangun komputer grafis? Beberapa di antaranya adalah:
1. Motherboard, adalah inti dari sebuah komputer karena di papan inilah segala pernak-pernik pendukung akselerasi komputer dipasang. Di motherboard disediakan sokot-soket tempat memory (RAM), VGA, dan prosesor.

2. Prosesor. Dalam dunia grafis sebenarnya terbagi menjadi 2 kiblat, pengguna Intel dan AMD, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun selain prosesor element lain sebenarnya sangat menentukan performa PC seperti VGA, Memory, Power Suplay, dll. Ketidak-seimbangan antara masing masing malah akan merusak performa PC itu sendiri, dan itu sering terjadi.
     Saya sendiri lebih memilih Intel karena bandel dan tidak gampang panas, tentu saja performanya mesti didukung dengan penggunaan VGA, Memory dan elemen pendukung lain yang cocok.

3. RAM (Random Acces Memory), RAM adalah tempat penyimpanan data sementara saat kita menjalankan komputer. Dikenal RAM berdasarkan besaran kapasitasnya yaitu 1 GB, 2 GB, 4 GB, 16 GB. Namun jangan hanya melihat kapasitas penyimpanannya saja, tetapi soket yang tersedia di motherboard harus sesuai. Jangan sampai kita punya ram 16GB DDR-2  tapi di motherboard hanya ada soket untuk DDR-3. Ya gak bisa masuk, hehe.
     Windows yang dipakai juga mempengaruhi, seperti bila menggunakan Windows 32 bit, maka kapasitas memory yang dipakai hanya 3 GB. Bila di PC terpasang RAM 4 GB maka 1 GB akan mubazir karena tidak terpakai.

4. VGA (Video Graphics Array). Banyak yang menyalahartikan kapasitas grafis VGA sama dengan RAM, di besarnya kapasitas penyimpanan (GB). Tidak jarang banyak orang mencari VGA yang Giga-nya tinggi. Padahal kualitas grafis sebuah VGA tergantung pada bit VGA. VGA 256 MB 256 bit jauh lebih bagus performanya dibanding VGA 1 GB 128 bit. Jelas, VGA dengan bit tinggi jauh lebih mahal dari VGA 'biasa'.

5. Power Suplay (PSU). Selain sebagai penghantar dan pembagi arus, PS yang berkualitas juga memberikan kestabilan pada kinerja PC. Pada PS 'standar' nilai WATT yang ada kadang tidak murni (tertulis 450 W tapi sebenarnya hanya 250 W), PSU membagi seluruh arus ke elemen-elemen yang membutuhkan daya seperti harddisk, VGA, prosesor, DVD RW, dll.
     Dengan menggunakan PSU yang biasa, kapasitas daya yang dimiliki dibagi secara kurang proporsional, hingga performa PC yang diharapkan tidak maksimal.

6. HDD (hardisk), adalah media penyimpanan berupa cakram padat (logam) dan kapasitas HDD-pun bervariasi. Yang beredar di pasaran sekarang adalah maksimal 2 Thera Bit (2 TB), semakin besar kapasitas penyimpanan adalah sangat bagus karena mendukung aktifitas desain yang filenya tergolong besar-besar. Namun harus diperhatikan chace dan Rpm (kecepatan putar) hardisk, direkomendasi di atas 7200 Rpm.

7. Cooling Fan. Jangan dianggap remeh elemen yang satu ini. Saat mengerjakan desain grafis otomatis suhu komputer menjadi lebih tinggi, penggunaan kipas pendingin yang minim dapat mengakibatkan komputer berhenti mendadak (nge-hang). Penggunaan jenis dan jumlah pendingin yang tepat akan membuat komputer tetap dingin dan stabil.

8. Monitor. Nah, yang satu ini harus ada! wajib hukumnya. hehehe.. ya iyalah.. Tapi jangan asal, untuk desain usahakan untuk tidak menggunakan monitor LCD bila tidak didukung VGA yang bagus, karena tampilan gambar desain pada monitor LCD tidak mencerminkan warna asli (tingkat kesamaan di bawah 70%) sangat berbahaya bila kita bermain di warna-warna redup/muda.

9. Cassing. Ya, sesuaikan cassing yang sobat pakai dengan ukuran motherboard, power suplay dan VGA, karena kadang beberapa cassing standar ukurannya terlalu kecil untuk dipasangi motherboard. Selain itu, pilih cassing yang mempunyai ruang sirkulasi udara yang cukup, termasuk juga mempunyai titik-titik kipas pendingin yang cukup bervariasi (lebih dari 2 titik cooling fan).

10. Mouse. Jangan anggap remeh alat yang satu ini, walau hanya sebagai pheripheral, mouse adalah nyawa dari setiap pekerja desain grafis. Pemilihan mouse yang sesuai akan meningkatkan kualitas desain. Jangan pakai mouse dengan tingkat DPi (Dot per Inch) rendah dibawah 800 Dpi. Gunakan mouse game yang mempunyai kerapatan Dpi cukup tinggi 3000 hingga 6000 Dpi. Penggunaan mouse game sangat membantu saat melakukan pemotongan foto, dll.
     Begitulah gambaran besar yang harus diperhatikan. Jadi, dari paparan diatas untuk spesifikasi standar komputer grafis adalah sebagai berikut: (contoh saja)

Komputer Grafis Standar:
1. Motherboard dengan socket prosesor 1156 atau 1366
2. Prosesor minimal Core i3. 2.7 sd 3.0 GHz
3. Ram minimal 2 GB
4. VGA minimal 1 GB 128 Bit
5. PSU 450 Watt
6. HDD 320 GB
7. Monitor 14"
8. Cassing Max Power
9. Mouse Minimal Logitec DZL-M-U0026(B) Ori atau mouse game
>>>> Anggaran sekitar 4 sd 5 juta

Komputer Grafis Premium:
1. Motherboard dengan socket prosesor 1156 atau 1366
2. Prosesor minimal Core i5. 2.7 sd 3.0 GHz
3. Ram minimal 4 GB
4. VGA minimal 1 GB 128 Bit
5. PSU 450 Watt
6. HDD 500 GB
7. Monitor 18" widescreen
8. Cassing Simbaddsa SimCool Edition
9. Mouse E-Blue Cobra, Razer atau X-7

>>>> Anggaran sekitar 7 sd 8 juta

Bila serius mendalami dunia desain grafis maka spesifikasi komputer grafis standar sudah cukup bagus, tinggal bagaimana menggunakan komputer itu untuk mencari uang. Memahami teknis menggunakan aplikasi desain dengan benar dan terukur dapat memperpanjang daya tahan PC walaupun bukan PC grafis premium.
     Dengan perlengkapan sederhana, carilah order mendesain beberapa spanduk, logo, kartunama, tabloid, koran dan majalah serta beberapa order lepas lainnya. Hasil yang didapat juga sudah berkali lipat dari harga PC dan Laptop itu sendiri, jadi intinya, gunakan fasilitas yang dimiliki sebaik-baiknya dan gunakan PC/Laptos sesuai kemampuannya.

Tidak ada komentar: