Kamis, 19 November 2015

Foto Bulan Ini Diambil Hanya Dengan Kamera DSLR Biasa





Pada saat orang sibuk dengan planet Jupiter, Venus, ataupun Mars, jangan lupa, kalian punya hal menakjubkan yang bahkan lebih dekat daripada planet tadi. Seorang fotografer mampu mengabadikan foto full moon yang sangat cantik, lengkap dengan International Space Station yang sedang beredar di sekelilingnya. Yang lebih menakjubkan, foto bulan ini diambil hanya dengan kamera DSLR biasa!



 Memang untuk orang awam yang minim info tentang International Space Station (ISS) seperti kita akan kurang tertarik untuk mengetahui orbit yang dilakukan stasiun luar angkasa ini. Namun perlu kamu ketahui, stasiun ini sedikit lebih terang dibandingkan bintang-bintang. (Baca juga: Bisa Gak Sih Kentut Membawa Kita ke Bulan?)

Tidak banyak fotografer yang mampu mengabadikan gambar ISS apalagi pada saat transit di bulan. Seorang astrofotografer bernama Dylan O’Donnell yang berkebangsaan Australia berhasil mengabadikan gambar stasiun luar angkasa tersebut sedang transit di bulan. Foto ini menghabiskan waktu selama 12 bulan untuk menunggu moment dan merencanakan angle terbaik yang bisa diambil untuk foto ini.




Yang menjadikan foto ini langka dan super sulit adalah meskipun frekuensi ISS terbang pada bulan tetap, namun langit menjadi halangan utama karena jarak dan tidak selamanya permukaan bulan penuh tanpa ada fase perubahan lainnya.

“Situs CalSky mengirimkan aku tanda potensial flyovers yang aku tunggu setelah sekian lamanya, sekitar 12 bulan. Aku mendapatkan minggu ini dan hanya perlu 15 detik untuk mengatur waktu occultation” ujar Dylan pada blog pribadinya.




 Untuk memotret kejadian langka ini, Dylan menggunakan Canon 70D yang ditambah dengan lensa Celestron 9.25” telescope (2300mm/f10) dan menggunakan shutter speed 1/1650th serta ISO 800. Untuk mendapatkan detail jelas dari bulan, Dylan menambahkan beberapa detik untuk exposure pada tiap sisi dari pemberhentian ISS di bulan kemudian mengeditnya dan menambahkan saturasi warna untuk memperlihatkan detail pada bulan secara jelas. Mengagumkan sekali ya ciptaan Tuhan yang satu ini.





Tidak ada komentar: